25 May 2014

Investasi di saham tentu tidak hanya sekedar hanya beli sembarang saham tetapi mesti ngerti apa dan bagaimana saham yang akan dibeli itu. Membeli saham juga membeli prospek yang akan datang, sehingga selayaknya kita berusaha ngerti apa yang mungkin bisa terjadi dimasa yg akan datang tentang saham tersebut.

Untuk itu Perusahaan juga wajib memberitahukan setiap langkah Aksi Korporasi yg akan dilakukan kepada publik, supaya publik juga tahu apakah dengan Aksi Korporasi itu perusahaan akan tambah baik atau tidak.
Nah sekarang masalahnya apakah kita2 ini sebagai investor sudah ngerti gak ya tentang Aksi Korporasi itu sendiri?
Ada macam2 Aksi Korporasi yg dilakukan perusahaan seperti Merger, Akuisisi, Private Placement, Right Issue, Bonus, Divestasi atau penjualan anak perusahaan dan sebagainya. Setiap Aksi Korporasi itu bisa mengakibatkan ekspektasi investor baik positif maupun negatif.
Makanya sebisa mungkin jangan keliru menafsirkan langkah2 Aksi Korporasi tersebut supaya ekpektasinya mendekati kebenaran dikemudian.

Sebagai contoh baru2 ini ada langkah Aksi Korporasi yg dilakukan BUMI dengan menjual sahamnya di KPC untuk membayar hutang nya. dari hasil penjualan saham tersebut BUMI memperoleh LABA yg sangat besar.
Bagi pembaca yg kurang jeli hanya melihat LABA yg tinggi saja tentu akan tertarik, karena dianggapnya LABA merupakan tujuan akhir Perusahaan.
Mereka seharusnya memahami pula bahwa LABA yang diperoleh itu BUKAN dari LABA USAHA tapi dari penjualan aset berupa Saham, dan lagian hasil penjualan tersebut TERMASUK Laba nya digunakan untuk membayar sebagian HUTANG Perusahaan BUMI.
Jadi memang Hutangnya berkurang tapi Aset berupa saham dan Labanya tadi juga berkurang.
Ibarat orang punya hutang yg dibayar dari hasil penjualan tanahnya begitulah kira2 yang terjadi di BUMI itu. Makanya harga saham BUMI juga naik terus turun lagi, saya kira masih membutuhkan waktu BUMI untuk menunjukkan kinerja yg sebenarnya dari inti usahanya.

Akan sangat berbeda dengan Perusahaan yang memperoleh Laba dari Usaha intinya itu baru benar2 menunjukkan kinerja yang bagus.
Masih banyak contoh2 lain di Pasar Modal ini tentang Aksi Korporasi yg perlu kita pelajari bersama agar kita bisa memahami sekaligus menyimpulkan.
Buat yg ingin memahami tentang Aksi Korporasi ini bisa memesan ULASAN KHUSUS saya tentang Aksi Korporasi dengan biaya yg relatif murah dan saya tulis dengan bahasa yg sederhana. (pesan melalui email investa.p3m@gmail.com) atau pin 2B7DD5EE.

Minggu ini banyak hari2 bursa yg kejepit sehingga mungkin relatif gak gitu ramai transaksinya, tapi apapun kondisinya kalau cermat meilih moga2 tetap bisa memperoleh rejeki.
Saham MLPL, ADRO, BIPI dan BJTM masih menjadi pilihan saya untuk trading dan jangka menengah dengan tetap hati2 dan disiplin tinggi.

salam, investa

pin 2B7DD5EE (sampaikan salam investa setelah terkoneksi supaya masuk dalam list komunitas kami)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.