14 Apr 2014

Ada perlawanan nampaknya terhadap tekanan IHSG, akhir pekan naik 1% (4816). Tehnikal Rebound atau memang sudah kembali percaya diri? ini masih perlu konfirmasi pekan depan.. Kondisi politik saya kira masih menjadi spekulasi tersendiri, padahal pemilihan Presiden masih membutuhkan waktu beberapa bulan lagi sehingga dalam beberapa waktu kedepan situasi politik akan naik turun. Kalau saja IHSG lebih kearah politik maka geraknya akan mengikuti gelombang arah politik tersebut.

Disisi lain nampaknya bursa Global juga sedang bergejolak yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Motor bursa Dunia yaitu DOW, NASDAQ dan S&P mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Kalau harga saham disana semakin murah maka investor tentunya juga pandai menghitung kan?

Untuk mengetahui tingkat pengaruh kondisi2 IHSG maka saya biasa salah satunya  memantau nilai rupiah terhadap dollar US, kalau semakin lemah rupiahnya ini kondisi menjadi SIAGA setidaknya menjadi WASPADA (ibarat menilai gunung). 
Sebab kalau rupiah melemah signifikan misalnya tembus di level 12000 lagi maka perlahan tapi pasti banyak emiten yang kena dampaknya.

Memang historis sebelumnya setiap habis pemilu IHSG akan naik, tentu ini kaitannya dengan respon positif terhadap pemerintahan baru. Apakah tahun ini historis tersebut akan terulang lagi?? tentu tidak ada yang berani "menjamin" semua hanya "kemungkinan" sifatnya...
Secara pribadi saya tidak terlalu fokus pada calon tertentu, siapapun calon Presiden asal dilakukan secara transparan, jujur dan tidak ada kecurangan harus diterima rakyat dari semua golongan, termasuk pelaku pasar.
Kerja Pemerintahan selain Presiden adalah suatu kerja tim kabinet, banyak yang terkait termasuk Wakil Rakyat sehingga semua punya tanggung jawab moral untuk kemajuan bangsa dan negara.

Kita berharap bersama bahwa situasi akan berjalan normal karena kita sudah semakin dewasa dalam hal demokrasi. Kita dukung calon2 pemimpin bangsa yg terpilih dengan proses yang benar.
Pasar juga harus menyikapi secara wajar2 saja, tidak berlebihan, yang lebih penting bagaimana fundamental ekonomi kita menjadi lebih baik supaya perekonomian bertumbuh dengan baik dan unit2 usaha bisa menjalankan usahanya dengan baik.

Menyikapi kondisi yang cepat berubah memang trading jangka pendek sepertinya lebih aman, dan konsen ke saham2 pilihan sebab selalu ada saham yg tidak searah dengan IHSG atau saham yang tahan terhadap tekanan pasar. 
Saham SMCB dan ACES diantara saham yang saya cermati dan sempat masuk juga walau tidak banyak jumlahnya, berharap saham tsb ikut naik jika IHSG positif tetapi berharap tetap naik jika IHSG negatif he..hee..(ngarep.com).

salam, investa
pin. 2b7DD5EE (hanya untuk diskusi saham)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.