8 Nov 2013

Bertambahnya Cadangan Devisa Oktober kemarin US$ 1,3 M menjadi US$ 97 M mendapat respon positif, IHSG melesat 0,8% kemarin (4486), rupiah juga menguat terhadap US dolar. Sekali lagi membuktikan bahwa makro ekonomi itu punya peran utama dalam  menggerakkan pasar/bursa.
Padahal banyak investor pemula yang semula kurang memperhatikan kondisi-kondisi makro ekonomi, untuk itu proses pembelajaran harus dimulai karena investasi ini bukan "games" tapi riil pakai uang beneran. Semua tentu berharap investasinya akan menghasilkan, uangnya jadi tumbuh maka strategi atau cara investasinya harus dilakukan secara benar agar resiko kerugian bisa diminimalisir.
Memang tidak ada yang sempurna, saya juga masih sering salah tebak saham untuk itu setiap kegagalan hendaknya menjadi cambuk untuk berusaha lebih baik agar kedepan bisa mengecam hasilnya.

Hari ini Bursa kita akan "diuji" setelah kemarin berhasil anomali terhadap bursa regional yang rata2 turun, dan bursa kita berhasil naik lumayan.
Semalam Dow turun 0,97% sedangkan EIDO turun 1,39% bursa eropa juga rata2 turun, kalau regional bursa asia juga turun sanggupkan IHSG masih bisa lanjut nembus 4500.??
Saya tetap menganjurkan Trading jangka pendek, begitu anda bisa profit lumayan (ukurannya terserah masing2 kalau sebulan bisa dapat 5% bagus juga..) silahkan jualan dulu.
Perhatikan kondisi saat ini rentan sekali waktu itu IHSG sudah lewat 4600 tiba2 mlorot lagi ke level 4400 dengan cepatnya. Sayang sekali kalau makanan sudah didepan mulut menjadi tumpah kan..? Betapa menyakitkan jika saham yang dibeli sudah naik lumayan belum sempat jual karena nunggu lebih banyak cuannya, eehh tiba2 harga kembali turun bahkan lebih rendah dari harga belinya dan terpaksa cut loss. Ampuun..deh!
Selamat trading, hati2 dan jangan berlebihan karena salah satu penyakit traders itu mintanya terbanyak he..heee.

Terima kasih buat teman2 yang sudah pesan ulasan khusus, untuk yg topik Panduan Praktis Fundamental Analisis dan Pengaruh Makro Ekonomi terhadap Bursa sedang dalam penulisan dan segera saya kirim kepada pemesan.

salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.