1 Nov 2013

Volatilitas Bursa kembali dibuktikan kemarin, "arah angin" tiba2 berubah IHSG rontok 1,4%, saham2 perbankan hampir menyeluruh juga turun padahal punya bobot tinggi. saham UNVR, ASII, AALI, GGRM juga ikut menekan penurunan IHSG.
Mungkin banyak trader yang heran kenapa?, Koq bisa? masih turun lagi gak? dan biasa pula yang analis bilang mungkin karena ini, mungkin karena itu, katanya begini, katanya begitu.....he..heee Bursa memang serba mungkin jadi silahkan melihat dan mendengar tapi sebaiknya kita harus banyak belajar untuk bisa membuat analisa dan memutuskan sendiri kan... ingat loss dan gain itu kita sendiri yang menanggung.
Kemarin pagi saya juga sudah ingatkan untuk tidak terlalu agresif belanja karena antisipasi hari ini ada pengumuman inflasi dan bahkan neraca perdagangan. Khawatir saja kalau kondisi diluar ekspektasi, misalnya terjadi deflasi atau inflasi lagi.Rupiah juga 3 hari terus melemah lagi, ini juga membuat tidak nyaman mungkin juga karena akhir bulan banyak kebutuhan dollar.

Demo buruh juga kalau berlama-lama tidak terjadi kesepakatan bisa mengganggu iklim investasi, maklum dunia usaha juga lagi sulit dan buruh butuh tambahan kesejahteraan. Akan lebih susah lagi kalau investor menutup usahanya. Karena upah itu fixed cost jadi memang pengusaha hati2 menetapkan besarannya supaya pendapatan operasional dan biaya operasional terjaga. Jangan upah besar tapi akhirnya perusahaan jadi Rugi.
Semalam Dow minus 0,47% dan EIDO turun 2,65%, Minyak, emas, perak juga turun. Gimana perkiraan cuaca hari ini? pengumuman Biro Pusat Statistik sangat dinanti bagaimana inflasi nanti, kalau inflasi sesuai ekpektasi atau malah deflasi itu baru bagus. Namun kondisi eksternal juga tetap harus diwaspadai.
Kemarin saham INKP sempat sentuh 1600 tapi karena kondisi pasar jelek akhirnya kembali ke 1540, ADMG yang dinanti2 akhirnya AR kanan, ERAA yang semula saya berniat CL saya batalkan karena ada tanda2 melawan.
hari ini akan lebih baik jika sabar menunggu sampai ada pengumuman dari BPS walaupun ada beberapa saham bagus yang harganya turun silahkan di pantau2 dulu, begitu ada sinyal abru tembak.
ANTM tiba2 kearin nonjok keatas, mungkikah karena ada aksi korporasi? karena harga emas anjlok mestinya tidak menguntungkan bagi ANTM. Tapi siapa tau karena penguasaan lahan baru dari perusahaan eks Malaysia?
Kalau harus main2 hari ini silahkan senam dengan trading saham POLY, ISSP, ERAA. tetap disiplin dengan target kalau mau ODT.
Sepertinya Trading jangka pendek sementara ini lebih baik karena untuk jangka panjang masih susah memprediksi kondisi makro ekonomi.

Salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.