29 Sept 2013

Akhir pekan kemarin IHSG ditutup naik 0,4% setelah 5 hari berturut turut di zone merah. Transaksi terhitung sepi dengan nilai transaksi kurang dari 4 T yang biasanya sekitar 6 T sehari. Sepinya transaksi ini juga mencerminkan keraguan atau boleh jadi kehati2an investor baik mau membeli atau menjual. Kondisi dan situasi pasar yang cukup sulit itulah sebabnya, berbagai berita yang simpang siur terutama dari eksternal yaitu mengenai kepastian pengurangan stimulus oleh The Fed yang tertunda kemarin dan entah kapan akan dilakukan itu menjadi bahan "tebak2an" yang berakibat pasar fluktuatif. Dalam pasar yang sepi slalu ada BD yang mencoba memainkan saham2 tertentu dengan tujuan menarik perhatian para trader ritel untuk ikut bermain. Untuk sementara saham ADMG istirahat setelah sempat dimainkan beberapa waktu yang lalu, saat ini ada saham SOME yg lagi dikerjain. Beberapa saat ini juga saham2 spt BUMI, BRMS, VIVA, BRAU, BORN digoyang2, masak sih gak ada yg "menggoyang" ? saya sendiri merasa yakin kalau ada penggoyangnya, hanya tidak tau siapa... Saya tetap saja merasa DUGEM (duduk gemetar) kalau harus ikut dalam permainan Group Bakrie, kelas tinggi permainannya. Laporan Kuangan ELTY, UNSP keluar cukup fantastis tapi sahamnya 50 perak juga blm tentu laku. Dari kelompoknya lihat saja DEWA, ELTY, UNSP, BNBR, BTEL ada di "kelompok 50" padahal perusahaan dulu punya nama besar. Siapa yang salah? Perusahaan rugi atau "dibuat rugi" itu beda lho... Hati2 saja buat ritel jangan terlena kalau main saham group ini. Saya juga lagi meneliti tentang peran investor asing atau ASPAL (Asing Palsu), moga2 segera bisa segera ada kesimpulan supaya bisa saya sharingkan keteman2, sekedar buat bacaan dan kajian. Karena selama ini asing banyak dikeramatkan, nah apa susahnya BD pakai nama asing kan.

Jum"at malam Dow turun 0,4% EIDO turun 2,5%, Minyak turun lagi tapi Emas mulai naik demikian pula Rupiah menguat di posisi 11.532. Saya masih ada posisi PTPP, TINS dan INKP moga2 minggu ini bisa mendapatkan hasil sesuai target. Kita pantau laporan inflasi, neraca perdagangan dan cadangan devisa yg akan diumumkan awal2 Oktober ini, apakah Ekonomi kita sudah ada perbaikan apa belum, tentu bisa dilihat dari laporan tsb. Karena saya juga masih ragu tentang pasar pekan ini terutama hari Senin maka lebih baik saya menunggu situasi dulu.

Buat teman2 yg minat ikut pelatihan / sharing bersama di Jakarta bisa gabung dengan Groupnya Bp.Dermawan (salah satu teman komunitas traders) juga yang akan menyelenggarakan In House bersama kawan2nya. Kami sangat senang kalau bisa ketemu di Jakarta.

Juga teman2 di Kota2 lain termasuk Luar Jawa bikin saja kelompok diskusi dan saya siap datang dan berusaha diskusi bersama. Para alumni INVESTA yg saat ini sebagai periset dan analis di beberapa Perusahaan Sekuritas berminat untuk membantu saya berbagi ilmu dengan teman2. Kalau ada minat saya tunggu konfirmasinya.

salam, hari prabowo / investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.