24 Sept 2013

Sehari kemarin IHSG berada di zone merah, berakhir minus 0,45% (4562). transaksi juga sepi. Seperti biasa dalam kondisi seperti ini saham Group Bakrie sperti BUMI, BRMS, VIVA malah ditransaksikan aktif bahkan BRMS naik 20%, VIVA naik 8%, fenomena ini sering terjadi group Bakrie unjuk diri ketika IHSG minus dan transaksi sepi.
Saya sediri sudah lama jarang sekali Trading di saham group Bakrie, karena saya lebih senang melihat Fudamental Emiten dulu, dan yang saya tau Group ini sarat dengan beban Hutang yg luar biasa dan masih membukukan kerugian dalam Lap Keuangannya. Saya juga belum melihat LK BUMI terbaru (JUNI).
Tapi dari sisi Bandarmologi saham2 ini sangat mungkin ada sutradaranya, dan tidak mudah menebak apa yang dia mau...Untuk itu saya belum tertarik untuk ikuti permainan saham2 group Bakrie. Buat teman2 yang punya pertimbangan lain silahkan untuk meikmati permainanya dengan tetap hati2.
Nilai Rupiah terhadap dolar juga kembali melemah, menurut Web. BI 11.435, Bank2 juga mulai menaikkan suku bunganya, ini tentu akan memperberat dunia usaha yang megandalkan kredit perbankkan.
Saya memperkirakan Lap Keuangan Emiten kwartal tiga (akhir September) terutama yang punya beban hutang apa lagi dalam bentuk dollar akan megalami kenaikkan beban bunga dan rugi selisih kurs yang cukup besar.
Untuk itu jika pemilihan saham didasarkan FA dan Makro Ekonomi memang harus lebih selektif, bukan pesimis tapi lebih hati2 saja.

Bagaimana IHSG hari ini? EIDO minus 0,68%, DOW dan Eropa juga minus demikian pula GOLD, SILVER dan OIL juga turun, dari dalam negeri belum ada news yg positif. Kalau hanya untuk trading dengan target 2 atau tiga point bisa perhatikan ERAA (buy 1560), PGAS (5300), CNKO (270), INCO (2600), ACES (730), WIKA (1960), ADHI (2100), MLPL (385). Begitu dapat pasang 2 atau 3 point diatasnya.
Seperti biasa semua hanya prediksi, jadi silahkan masing2 memutuskan, dipasar ini tidak ada yang super, saya juga bisa salah. Mari kita belajar bersama baik dari ilmu maupun pengalaman termasuk pengalaman pribadi kita agar bisa menjadi lebih baik kedepan.

Buat teman2 yg masih setia jadi members saya sagat terbuka untuk konsultasi apa saja dan bila outlook kwartal akhir 2013 sudah jadi akan kami kirimkan ke members.

salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.