12 Aug 2013

Setelah melewati libur panjang Bursa akan mulai kegiatannya Senin 12 Agustus 2013 ini, pada posisi IHSG terakhir 4640 kira2 gimana  potensinya hari ini?. Karena ini bukan gambling, maka saya coba membuat analisis dimulai dari makro, lalu melihat bursa global seminggu yang lalu ketika bursa kita libur dan bursa global tetap aktif ternyata variatif DOW mengalami penurunan selama seminggu 1,3%. Hangseng penurunan 1,2% dan NIKEI turun 2,8% dan EIDO turun 2,7%, sedangkan harga komoditas GOLD naik 0,5% SILVER naik 0,3% dan OIL turun 0,9%.

Dari angka2 tersebut saya melihatnya ternyata untuk Bursa rata2 mengalami penurunan dalam seminggu terakhir sedangkan harga komoditas terutama GOLD & SILVER naik serta nilai Dolar AS rata2 mengalami pelemahan dibanding mata uang lainnya.
Saya menyimpulkan hari ini Bursa kita masih relatif sepi dan IHSG tidak bergejolak alias datar2 saja naik atau turun tidak lebih dari 1%.
Kalau saja Rupiah bisa dapat momentum bagus dari pelemahan dolar terhadap mata uang lainnya dan rupiah bisa dibawah 10200 hari ini mungkin bagus juga buat IHSG.
Saya juga tetap mencermati faktor Fundamental terutama Emiten yang telah mempublikasikan Lap Keuangannya, dan saya tetap memilih saham2 yang berkinerja bagus dengan menghubungkan  perkembangan makro nya 
Selain itu saya juga menggunakan TARGET dengan disiplin untuk  masuk dan keluarnya, karena sulitnya memprediksi jangka menengah dan panjang maka dengan memasang TARGET bukan lagi memakai ukuran jangka waktu, artinya setiap kali harga menyentuh Target yang sudah saya tetapkan maka saya akan realisasikan keuntungan dan tidak akan kecewa misalnya harganya ternyata masih naik lagi.
Bagaimana kalau turun?? saya tidak akan gegabah dan cepat panik untuk Cut Loss sepanjang sahamnya memang didukung fundamental yang bagus kecuali ada faktor lain misalnya kenaikan suku bunga BI Rate atau pelemahan Rupiah yang signifikan yang akan mempengaruhi kondisi Bursa secara keseluruhan dan berkepanjangan.
Jadi saya menempatkan pada Traders yang berbasis Fundamentalis tetapi Disiplin di Target, jadi memang bukan investor jangka panjang tetapi juga bukan traders jangka pendek, apalagi rajin cut loss tanpa melihat fundamental.
Setelah melewati Q2 maka kita sedang berjalan di pertengahan Q3, (bl.Juli, Agustus dan September), menurut saya ini Q3 ini akan sangat menentukan untuk memprediksi kinerja Emiten sampai akhir tahun 2013 jadi benar2 saya cermati perkembangan demi perkembangan beberapa saham yang relatif masih bagus setelah dihantam inflasi dan pelemahan rupiah serta ekspektasi kenaikan suku bunga.
Saham ANTM, INKP, MPMX, BIPI, KIJA, TINS, PGAS, KLBF merupakan pilihan trading dengan TARGET yang ketat tetapi tidak menutup kemungkinan kita bisa meraih rejeki tetapi tidak boleh tamak atau terlalu muluk2 targetnya.
Selamat beraktifitas dengan semangat baru, semoga sukses.
Salam, Hari Prabowo ( investa ).

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.