21 Jul 2013

Beberapa waktu lalu ada investor pemula bertanya apakah investasi di saham ini lebih baik hasilnya kalau disimpan untuk jangka panjang?  Saya jadi ingat sales penjual reksa dana jika sedang menawarkan produknya kepada calon investor, mereka akan memperlihatkan IHSG dari 2 tahun lalu sampai saat ini misalnya. Tidak salah memang karena kenyataannya IHSG telah tumbuh pesat, tapi benarkah semua saham mengalami kenaikan sebagai mana IHSG? Bagaimana pula hasil yang kita nikmati dari  portofolio kita apakah sudah sama dengan IHSG?
Jadi tidak mudah menjawab pertanyaan investor pemula tersebut, menurut pendapat saya sangat tergantung pada pemilihan saham dan kondisi pasarnya. Bisa jadi pilihan sahamnya sudah benar tapi kondisi pasarnya yang tidak baik atau sebaliknya kondisi Pasar bagus tapi pilihan sahamnya yang justru salah.

Yang terbaik adalah pilihan sahamnya baik, saat buy and sell nya yang tepat, itu bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Jadi strategi memilih dan strategi trading. Soal jangka waktu pendek atau panjang itu menurut saya tidak mutlak karena kalau strategi trading nya bagus biarpun jangka pendek juga bisa maksimal hasilnya. Lihat saja ada saham yang disimpan lama malah tambah turun kan??
Perdagangan pekan ini masih "dipersimpangan" kemarin ketika Rupiah sempat di 10155 banyak saham yang demam dan cenderung turun terutama beberapa saham dari perusahaan yang banyak hutang dan bahan bakunya import. Saya tetap berpendapat jika Rupiah diatas 10100 kondisi pasar tidaklah bagus dan rawan turun, asing dalam seminggu kemarin juga masih net sell. Ini menandakan kondisi belum stabil dan trading jangka pendek lebih baik dengan target yang tidak bisa terlalu tinggi. 
Melihat harga GOLD kembali bergerak naik walau perlahan maka ANTM bisa menjadi pilihan lagi dan sahabatnya TINS. Sedangkan JPFA tergerus karena harga DOC (anak ayam) turun tajam 48% sehingga saya juga sempat Cut Loss di 1400. Tetapi kalau harga DOC nantinya bisa naik lagi maka saya akan Buy Back saham ini.
PGAS, KLBF, WIKA. MLPL, CTRP, PTPP, CTRA  tetap menjadi incaran pekan ini dan asyik untuk trading cepat. Tinggal atur harga dan saatnya saja. Tetapi secara umum kita mesti lebih hati2 di pekan ini karena belum ada berita2 terbaru yang mendukung bursa, jadi target cuannya jangan terlalu besar. Lebih baik sedikit ditangan dari pada banyak di bayangan.
Saya dan Tim Investa mulai menyajikan Saham Pilihan untuk para anggota (member) berikut target harganya, serta akan terus mengevaluasi kondisi yang ada secara aktif.
Kepada yang non member bisa tetap mendapat sajian TEH PAGI melalu  blog investa dan begitu ada kesempatan saya juga akan bergabung di box yang telah tersedia untu sharing bersama sahabat2 semua. tetapi kalau member bisa melalui melalui BBM atau YM. Sehinga saya tetap bisa berbagi waktu dan pengetahuan bagi semuanya.
Semoga bisa dimaklumi dan tujuan kami bisa bermanfaat bagi semuanya.
Salam hari prabowo.
Iuran untuk member dikirim ke BANK BCA Rek no.2460329895 an Hari Prabowo (atau BANK BNI Rek no.0116242021 an Hari Prabowo).
Mohon dikonfirmasi jika sudah mengirim.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.