30 May 2013

Selamat pagi......
IHSG kembali ke level 5200, ini angka psikologis lanjutan setelah 5100 terlewati hanya dalam waktu 2 hari. Maka hari ini merupakan konfirmasi apakah bisa bertahan diatas 5200 atau mlorot lagi, kalau bisa bertahan maka potensi menuju target berikutnya semakin besar, kalau tidak? ya butuh waktu lebih panjang.
Tapi ganjalan dibenak saya kenapa asing net sell terus2an?? kemarin saja net sell 869 M jadi sepekan ini kira2 4 T, pantesan rupiah lemah terus.
Kita sadar karena faktanya asing masih mendominasi kapitalisasi pasar kita 60% lah kira2, jadi jangan sewot kalau asing bisa mengatur bursa kita.
Ada dua hal menyikapi kenaikan IHSG dan arah Bursa, yang pertama asing mulai keluar pelan2 tetapi sambil menjaga IHSG supaya investor lokal tidak kaget, tidak panic dan memancing untuk "mau" menampung jualan asing.
Untuk menjaga IHSG apa susahnya? asing cukup menjaga saham BC yg bobotnya terhadap IHSG tinggi contoh kemarin dengan mengangkat GGRM, UNVR, BBCA, BMRI sekalipun jumlah saham yang turun lebih banyak 160 turun dan 129 yang naik toch IHSG juga tetap naik.
Kalau barang dagangan sudah sudah semakin besar yang dikeluarkan, jurus selanjutnya asing tidak lagi mau mengangkat saham2 BC bahkan lebih sadis balik menekan ditambah pakai senjata "Short Selling" agar harga saham turun, investor lokal panik ikutan jualan dan IHSG anjlok.
Baru mereka mulai akumulasi lagi dengan harga murah...
Pemikiran yang kedua bisa jadi dengan berjalannya waktu dan pengetahuan investor lokal maka memang investor lokal sudah semakin kuat dan berani melawan tekanan investor asing sehingga IHSG bisa terus menguat. Kalau ini yang terjadi ya baguslah berarti kekuatan IHSG memang ditopang kekuatan investor lokal yang semakin banyak.
Tapi kita tidak boleh hanya sekedar jaga harga diri atau bahkan emosi semata, mesti kita perhatikan kondisi Fundamental ekonomi kita sebandingkah dengan kenaikan IHSG kita?
Yang lagi jadi bintang saat ini saham2 group Lippo dan Ciputra dengan dukungan kinerja yang memang rata2 bagus mereka juga punya bisnis sektor properti yang memang lagi booming.
Sektor pertambangan dan energi masih dibantai karena harga komoditasnya juga belum ada perbaikan, bahkan minyak dilevel 92 lagi semalam.
Tetap main trading dulu,  2% atau 3% gain ambil dulu lumayanlah untuk ATM harian sambil nunggu arah pasar yang lebih jelas.
Di blog investalpppm.blogspot.com terus sedang kami perbaiki tapi tetap bisa berinteraksi dengan saya dan Keneisha termasuk jam2 trading untuk tukar pikiran bersama. Mohon berikan Nick ya supaya kami tau dan kenal sekalipun sementara didunia maya bisa dilanjut kopdar pada kesempatan yg akan datang...
Bila nanti ada saham2 yang layak saya akan sampaikan lewat bos yang tersedia dan nampaknya lebih baik.
Salam
investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.