29 Dec 2017

Para anggota Komunitas Investa grup dan para pembaca yang budiman,

Hari ini BEI akan menutup perdagangan terakhir th.2017 sebelum memasuki tahun 2018 pekan depan. Banyak fenomena menarik selama pekan ini terutama "dorongan" terhadap IHSG menuju 6300 dengan segala upaya tentunya oleh beberapa kekuatan maupun trik yang sulit dibuktikan siapa pelakunya.

Kemarin kita ketahui di akhir perdagangan IHSG ditutup 6314 atau naik 0,59% dan ini merupakan record tertinggi IHSG selama ini. Saya kira pada akhir perdagangan hari ini 29 Desember 2017 masih akan ada upaya mendorong IHSG lebih tinggi, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa diatas 6350.

Apalagi rencananya hari ini perdagangan akan disaksikan oleh Presiden RI Bp.Joko Widodo, tentu ada efek psikologi dari pelaku pasar untuk menunjukkan prestasinya termasuk Manajemen BEI sendiri. 

Wajar saya kira manajemen BEI berbangga bisa mencapai record tertinggi selama kepemimpinannya.
Namun demikian apakah para investor juga mencapai puncak prestasinya tahun ini?? bagi investor yang terpenting adalah hasil investasinya. Jadi apakah IHSG akan mencapai angka tertinggi atau tidak sebenarnya bagi investor tidak terlalu penting. 

Baiklah, apapun kita sebagai bagian pelaku pasar tentu ikut meyambut perdagangan akhir tahun hari ini dengan senang, semoga semua berjalan lancar dan mempunyai hikmah bersama untuk kemajuan Pasar Modal kita kedepan. Yang sudah bagus kita teruskan dan yang kurang kita perbaiki.

Sekedar berbagi pengalaman,  tidak ada salahnya kita memanfaatkan fenomena Window Dressing ini dengan sebaik-baiknya. Caranya adalah kita "memasang order jual" pada saat pra penutupan  dengan harapan biasanya justru detik2 terakhir inilah para bandar menarik tinggi2 harga sahamnya yang menjadi target masing2. Yang penting bagi mereka pada saat tutup tahun ini harga sahamnya naik tinggi karena angka ini akan menjadi angka pelaporan bagi mereka.

Kemarin dalam ulasan saya di grup Komunitas Investa sudah saya sampaikan bahwa beberapa saham Blue Chip pendukung IHSG akan menjadi ujung tombaknya seperti BRI, BBCA, BBNI, UNVR, HMSP, TLKM, ASII, GGRM, SMGR, BDMN, INTP, BMRI termasuk saham2 BUMN yang telah listing di Bursa.

Selain itu juga perhatikan saham2 lapis dua dan tiga yang tidak terlalu likuid tetapi punya fundamental yang bagus karena sanga mungkin juga dilakukan Window Dressing juga pada detik2 terakhir. Perhatikan saham2 NRCA, BVIC, INKP, DGIK, ELSA, TRAM, JPFA,CPIN.

Namun satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah ketika IHSG mencapai recordnya biasanya akan diikuti koreksi dulu, apalagi kenaikannya dari Window Dressing kemungkinan perdagangan berikutnya alan kembali ke fundamentalnya.

Pada kesempatan ini saya sebagai pengelola Komunitas Investa grup menyampaikan SELAMAT TAHUN BARU 2018 semoga kebersamaan kita akan membawa manfaat sebagai investor.

Salam,
Hari Prabowo
Pengelola Investa grup.
WA.08770005334.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.