23 Nov 2016

Para Investor Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

IHSG kembali ke level 5204 karena kemarin naik 1% dengan dukungan saham2 berbasis komoditas terutama minyak, timah, batubara dan nikel. Kenaikan harga2 komoditas dunia menjadi katalisnya sehingga mendorong saham2 tersebut naik signifikan. Perhatikan juga saham2 yang mempunyai korelasi positif maupun negatif dengan kenaikan harga2 komoditas tersebut karena selalu ada dua sisi atas segala apa yang terjadi.

Inilah "seni" nya trading / investasi di pasar modal selalu ada sebab dan akibat yang bisa berakibat positif dan negatif terhadap masing2 saham. Dalam kondisi normal maka wajar jika ada saham yang naik dan ada juga yang turun, justru disinilah letak suatu peluang karena investor bisa berpindah atau menukar sahamnya dari satu saham ke saham yang lainnya.
Kecuali dalam kondisi Bearish sebagian saham bisa mengalami dampak negatif atau sebaliknya jika kondisi bullish.

YTD tahun ini IHSG tumbuh 15% meskipun sempat naik diposisi 5491. Diawal tahun 2016 banyak juga para analis memprediksikan bahwa IHSG tahun ini bisa mencapai 5500, 5600, 5700 bahkan ada yang sangat optimis 6000 !!.
Namanya juga prediksi, bisa benar atau "belum" benar hehee..
Namun kita lihat sama2 dengan berbagai kondisi baik ekonomi maupun politik yang terjadi di tahun ini sampai bulan Nopember ini banyak sekali hal2 yang terjadi yang pada akhirnya mempengaruhi gerak IHSG juga.

Masih ada sisa sekita 27 hari perdagangan di Bursa, bisakah kita menebak berapa IHSG pada akhir tahun ini?? mestinya lebih pendek jangka waktunya maka itu akan lebih memudahkan kita membuat prediksi. namun tentu kita mesti mempertimbangkan apa saja yang akan terjadi misalnya saja kemungkinan kenaikan bunga FED dibulan Desember, atau kenaikan harga komoditas dunia, juga kenaikan nilai US $. Sedangkan dari dalam negeri juga sangat penting dicermati baik peristiwa ekonomi maupun politik.

Saya pribadi "meramalkan" bahwa IHSG akan dikisaran 5300 sd 5400 di akhir tahun 2016 ini dengan mempertimbangan faktor eksternal dan internal.
Beberapa saham yang spekulatif seperti BUMI, TRAM, BIPI, KAEF akan tetap aktif ditransaksikan sampai akhir tahun. Dan untuk saham2 yang cukup menarik didasarkan pada Fundamental dan prospek ada WTON, ANTM, WSBP, DMAS, JPFA, MEDC juga layak untuk dicermati.

Pada kesempatan ini saya mohon maaf untuk sementara waktui sampai tgl.5 Desember 2016 saya tidak aktif dulu di grup WA maupun pencerahan via Blog / email kerena mulai hari ini 23 Nopember 2016 saya menjalankan Ibadah UMROH. Saya mohon maaf atas segala kesalahan dan kekilafan saya selama ini serta mohon doa dari semua sahabat2 agar selama menjalankan ibadan Umroh ini diberikan keselamatan dan kelancaran. Semua karena Allah.

Semoga sukses juga buat semua sahabat para trader / investor khususnya  yang tergabung di grup KOMUNITAS INVESTA dan INVESTA COMMUNITY.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama dan kotanya.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.