30 May 2016

Para Komunitas Investa, Nasabah BNI Securities Semarang dan Pembaca yang budiman,

Akhir pekan kemarin IHSG diturup menguat 0,63% sekaligus menembus angka psikologis 4800 tepatnya 4814.  Dukungan 3 sham Bank BUMN BBRI, BBNI dan BMRI yang mengalami kenaikan serta saham BC antara lain ASII, UNVR, INTP, dan SMGR yang juga menguat. Dengan menembus IHSG diatas 4800 kemungkinan IHSG akan lebih "percaya diri" untuk kembali menguat setidaknya sampai akhir bulan Mei 2016 ini.  

Selain secara psikologis dari faktor eksternal bursa global akhir pekan juga rata2 berakhir menguat serta kembali naiknya harga minyak yang hampir menyentuh $50, dimana hal ini bisa memicu penguatan IHSG.
Sekalipun saya lebih konsen terhadap pemilihan saham2 terbaik dengan memanfaatkan suatu informasi termasuk Aksi Korporasi, namun kondisi IHSG yang merupakan cerminan kondisi bursa bisa dipakai sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan. Karena dalan kondisi IHSG sedang menguat maka atas pilihan saham2  tersebut cenderung lebih nyaman.

Dua saham yang saya rekomendasikan hari Jum''at pagi kemarin dibidang usaha peternakan CPIN dan JPFA langsung melesat. Dengan berbagai pertimbangan pilihan saham tesebut saya sampaikan ke teman2 komunitas investa melalui grup WA. Sebagaimana sering saya sampaikan bahwa dasar pertimbangan saya dalam memilih saham adalah kinerja, Informasi dan prospek kedepan. Ini memang tergantung bagaimana investor menangkap suatu informasi dan membuat kajian untuk membuat suatu keputusan.

Dengan kembali menguatnya harga minyak yang biasanya juga akan berdampak positif terhadap sektor pertambangan maka saya masih konsen di saham2 CPIN, JPFA, ANTM, dan juga KIJA, UNVR, SMGR. dan ACES. Perhatikan pula saham2 yang barusan membagikan deviden setelah mengalami penurunan (dilusi) biasanya akan kembali mantul keatas seperti SMGR JPFA PPRO.

Beberapa anggota grup WA Komunitas Investa ada yang menanyakan tentang UMA ( Unusual Market Activity) dimana sauatu saham dilakukan pengawasan oleh pihak Bursa karena terjadi kenaikan harga saham yang diluar kewajaran dalam periode tertentu. Saham yang terkena UMA sering pula diikuti suspen tetapi tidak secara otomatis juga mesti di suspensi, tergantung perkembangan.
Tentang UMA ini silahkan baca dalam ulasan saya di Blog investalpppm.blogspot.co.id tgl.21 Maret 2106. (sekali2 buka dan baca2 blog saya tesebut karena disitu banyak tulisan saya tentang hal2 tentang pengetahuan).

Kalau melihat historis masa lalu selama bulan Puasa sampai Hari Raya kondisi bursa relatif berkurang nilai maupun frekuensi transaksinya. Apalahgi dibulan Juni nanti ada kejuaraan Sepak bola Piala Eropa. Bisa jadi para investor lebih konsen mlihat kejuaraan Eropa yang biasanya berlangsung malam hari.
Apa alasan konkritnya saya tidak begitu jelas tapi realitasnya memang seperti itu dan itu sudah saya alami selama lebih dari 20 tahun terakhir.

Jadi silahkan anda sendiri yang memutuskan terutama setelah akhir bulan Mei nanti, sukur kalau tahun ini tidak terjadi apa yang sudah terjadi pada masa2 lampau.

Saya juga sudah menyiapkan materi2  dengan saya sesuaikan kondisi terbaru untuk pelatihan Investor di Surabaya besuk tgl,.4 Juni 2016. Seperti Strategi Trading, Aksi Korporasi, Bandarmologi dan dikusi banyak hal yang mungkin selama ini belum anda ketahui dan silahkan kita diskusikan.
Saya tunggu konfirmasi anda...ke WA 087700085334 atau email investa.p3m@gmail.com.

Salam,

INVESTA 
Pin. 2b7dd5ee
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.