29 May 2015

Yth.Nasabah BNI Securities Semarang, Komunitas Investa dan Pembaca yang budiman,

Mungkin banyak investor akhir2 ini yang merasa galau menyikapi kondisi pasar yang volatile, IHSG dan beberapa saham sulit diprediksi arahnya. Saham2 Blue Chip sebagai penopang IHSG juga labil sekali, sehingga investor ritel utamanya menjadi mengurangi aktifitasnya. Pantas kalau Perusahaan Sekuritas rata2 juga berkuranbg transaksinya jika investor menunda masuk ke pasar.

Keputusan investor memang harus rasional, karena investor yang memang harus menyesuaikan pasar bukan sebaliknya. Ketika pasar sulit diprediksi maka investor tidak perlu memaksakan diri untuk masuk. Salah satu yang paling berat buat investor adalah menjaga psikologi masing2.
Kemampuan memaham analisa FA dan TA itu sangat perlu tapi itu bisa  berkurang fungsinya jika psikologi kita dalam trading tidak terjaga. Terutama rasa emosional yang berlebihan. mudah panik, tamak, dan kadang tidak terima dengan kekalahan.

Trading saham memang mewajibkan melatih kita dalam segala hal, ini membuktikan bahwa investasi ini bukanlah gambling karena butuh pertimbangan yang matang. Mulai dari analisa ekonomi sampai kesiapan psikologi.

Sekali lagi kondisi saat ini memang relatif sulit, sehingga tingkat kehati2an memang harus diutamakan. Sebagai traders memang bisa dimaklumi kalau ada keinginan untuk trading tapi lakukan trading dengan efektif, selektif dan produktif.
Terus terang saat ini trading jangka pendek lebih tepat dibanding long time, karena situasi ekonomi yang belum jelas pertimbangannya.

Kalaupun harus memilih hari ini untuk sepekan kedepan maka pilihan saya ada di JPFA pertimbangannya harga DOC sudah mulai merangkak naik dan sudah diatas BEP. Secara Teknikal rasanya juga mendukung untuk target selanjutnya menuju 740.
Pilihan ke dua BWPT yang kalau saya perhatikan dari pergerakkan transaksi oleh beberapa broker dan cara memasang bid offer nya saya prediksikan bisa lanjut menembus 400. Meski saham ini pernah menyakitkan banyak invetor ritel tapi kita berharap kalai ini bisa gantian "tebus dosa" dengan memberikan rejeki ke investor he..hee.

Oya terima kasih kepada teman2 di Surabaya yang telah mengikuti Pelatihan tgl.23 dan 24 mei lalu dan komentarnya yg sangat positip dan apa adanya. Saya telah mencatat Bapak/ Ibu semua peserta pelatihan di Surabaya, Semarang dan Pati sebagai member khusus kami. Tim INVESTA akan siap berdiskusi atau tanya jawab dengan para member khusus ini baik via email atau BBm bagi yang pernah ikut pelatihan INVESTA.

Program Pelatihan selanjutnya di JAKARTA tgl.6 dan 7 Juni (karena sempat tertundasebelumnya). Bagi yang berminat silahkan daftar ke kami via email investa.p3m@gmail.com atau tlp.087832826865.
Kami didampingi Joe Lee akan memandu pelatihan investor tersebut dengan bahasa yg sederhana sehingga mudah dipahami semua pihak.
Kami juga akan undang sahabat saya Keneisha dalam kesempatan tersebut supaya gayeng pertemuannya.

Kami tunggu pendaftaran paling lambat tgl.3 Juni 2015.

Salam,

INVESTA
pin.2b7dd5ee.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.