24 Dec 2014

Perdagangan saham di Bursa tinggal 3 hari lagi di tahun 2014 ini, sebagian investor merasa happy karena hasil tradingnya selama th,2014 ini positif, tapi mungkin juga ada investor yang justru portonya minus alias hasilnya negatif.
Investor memang harus memahami bahwa investasi pada saham bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sekedar menyimpan uangnya di bank tetapi juga mengandung resiko yang tinggi pula.
Jadi keuntungan maupun kerugian investasi/trading di saham ini harus sudah diperhitungkan. Hanya saja investor selayaknya berusaha memaksimalkan hasilnya dan meminimalkan kemungkinan resiko.

Dari tolok ukur IHSG selama setahun terakhir ini dikisaran 19% maka jika hasil investasi investor lebih dari 19% maka layak bangga karena prestasinya melebihi IHSG. Jika portonya lebih kecil atau minus layak untuk mengkoreksi diri dan belajar investasi lebih baik lagi agar th.2015 nanti hasilnya bisa meningkat.

Kita sering mendengar istilah Window Dressing ( WD ) yang biasa terjadi pada setiap akhir tahun, artinya bahwa beberapa harga saham akan "ditarik keatas" oleh pihak2 tertentu supaya diakhir tahun harganya lebih baik lagi sehingga siapa pun yang melihat bisa memberikan kesan positip terhadap saham tersebut.
Bukan hanya sahamnya tapi IHSG juga bisa  dilakukan WD kan? Tentu Pemerintah, penyelenggara Bursa serta pihak2 lain akan bangga kalau IHSG naik lebih tinggi. Karena IHSG akhir tahun akan dipublikasikan dan biasanya jadi salah satu ukuran prestasi ekonomi negara maupun kinerja bursa.

Lantas bisakah investor memanfaatkan Window Dressing ini? tentu bisa saja karena semua punya kesempatan yang sama di bursa, masalahnya bagaimana investor bisa memilih saham2 yang berpotensi WD, karena tidak semua saham dilakukan WD.
Bisa saja saham BC kalau tujuannya mengangkat IHSG karena saham BC punya bobot yang tinggi dalam perhitungan IHSG, tetapi ada potensi WD lain yaitu saham2 lapis bawah dan tidak terlalu aktif  karena pihak yang bertugas mengangkat harga saham tersebut tidak membutuhkan biaya yang besar.

Tidak mudah menebak saham2 yg potensi WD dan berapa target harganya, cuma saya pribadi mencoba  membuat "ramalan" untuk saya cermati dan buat melatih daya analisis sendiri.
Saham2 tersebut antara lain untuk BC yaitu GGRM, BMRI, ASII, UNVR, BBCA, TLKM, BBRI, SMGR  sedangkan untuk saham lapis dua ANTM, KIJA, GJTL, TINS, ADHI, WIKA, KAEF, WSKT, 
Dan tidak menutup saham lapis tiga yaitu ; KIJA, INDX, SMRU, TRAM, IATA.

Namun sekedar ramalan kemungkinan IHSG akan ada di rentang 5100 sd 5210 sampai akhir th.2014 ini.
Berusaha itu wajib tapi hasil Tuhan lah yang menentukan.

Salam,

INVESTA
pin 2b7dd5ee (segera perkenalkan setelah invite)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.