14 Nov 2013

Kemarahan pasar atas kenaikan BI Rate ternyata luar biasa, kemarin ihsg dibantai sampai berdarah-darah (minus 1,8% di 4301), bahkan sudah lebih rendah dari ihsg awal tahun 2013. Itulah pasar, jika sudah kecewa maka bisa tidak terukur. Selain kecewa terhadap naiknya BI Rate Bursa regional kemarin juga minus rata-rata diatas 1% jadi sudah jatuh tertimpa tangga lagi.
Selain ihsg Rupiah juga kembali melemah, asing masih obral jualan 554 M semua sektor tidak ada ampun mengalami penurunan.
Tentu saat ini banyak yang sakit gigi + mual + putus cinta betapa menyakitkan memang. Investor kembali harus ikut menanggung sakitnya perekonomian, beberapa waktu lalu seakan sudah ada proses penyembuhan ketika ihsg kembali keatas 4500 ternyata ibarat minum obat anti biotic yang tidak tuntas, kambuh lagi dah penyakitnya.....

Tapi hari ini "tebakkan" saya ihsg akan ada rebound, kalau hari ini tidak juga paling tidak besuklah, karena setiap penurunan beruntun beberapa hari pengalaman menunjukkan ihsg akan ada pantulan, karena sesuatu yang biasa terjadi penurunan maupun kenaikan ihsg tidak ada yang garis lurus. Semalam Dow dan Eido juga kompak naik tipis, selain itu beberapa saham sudah pada level yang murah, lihat saja sektor konstruksi / properti termasuk murah meriah.
Kemarin coba colek SMGR, ADHI, PTPP, SMRA, ASRI, JPFA, ADRO rata2 diharga bawah, semoga "teori" saya benar hari ini atau besuk bisa jualan karena pada potensi gain dilihat dari harga closenya kecuali SMGR.
Asing kemarin barantem di SMGR saya menganggap harga 12.950 cukup rendah kalau bisa ke 13.400 lumayanlah.

Dilematis memang kondisi saat ini, Dow naik bisa2 Tapering dipercepat, kalau Dow turun bursa lain ikutan turun, bingung kan?? Oke ini suatu pembelajaran kita harus ambil hikmahnya untuk kedepan bisa lebih baik lagi.
Ada baiknya untuk teman2 yang punya saham berkinerja jelek saat ini bisa menukar saham lain yang berkinerja bagus. Pada saat sama2 turun itulah kesempatan baik tukar saham, karena bila banti pasar rebound maka saham2 berkinerja bagus akan lebih cepat pulih harga sahamnya.
Misalnya yang paling sederhana saham yang LK nya rugi tukarkan saja ke saham yang LK nya Laba dan tumbuh (walau harganya sekarang lagi koreksi). ini sekedar saran.
Semoga sukses dan tebakkan saya bisa benar...ayo rebound.

salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.