22 Nov 2013

IHSG seharian terus dalam tekanan kemarin dan nyaris nembus angka psikologis 4300 walaupun dengan sekuat tenaga mencoba membuat perlawanan sehingga sore ditutup 4326 (minus 0,5%). Ini hampir sama dengan IHSG pada akhir th 2012 lalu 4316, asing juga masih obral jualan 522M net selling nya terutama di saham2 BC.
Saham Bank yang akhirnya berhasil bertahan hanya BBRI sedangkan yang lain merah semua, ini yang juga memperberat IHSG. Saham UNVR sang primadona yang biasanya defensif menghadapi pasar kemarin juga jeblok 4% demikian pula GGRM, ITMG. Namun ASII dan AALI mampu naik sehingga IHSG tidak terpuruk paling dalam (sempat minus lebih 1%).

Saya berharap hari ini ada rebound kecil agar IHSG tidak jebol dibawah 4300 sebab kalau sampai jebol dibawah 4300 bisa timbul sentimen negatif yang lebih parah. Berharap hari ini bisa diatas 4350 sd 4375 terutama dukungan dari saham TLKM, ASII, SMGR, UNVR, BBRI, BMRI dan BBCA bila saham2 ini bisa sedikit naik saja bisa membantu IHSG.
Bagaimana dengan properti dan konstruksi?? sudah terdiskon sangat besar dengan harga saat ini sehingga ada potensi mantul juga terutama SMRA, PTPP, ADHI dan WIKA. BSDE, CTRA.

Sekalipun akhir2 ini jarang searah namun perlu diketahui bahwa DOW naik diatas 16000 lagi indeks nya dan EIDO semalam naik 1% siapa tau hari ini menjadikan IHSG menguat.
Sayang sekali Rupiah masih loyo di 11.700 ini yang menjadikan investor ragu2 untuk belanja, dan nampaknya BI belum melakukan tindakan intervensi lagi. Program buy back emiten juga belum menampakkan hasilnya.
Apapun jangan putus asa dan tetap semangat.

salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.