6 Nov 2013

Kalau dulu ada lagu anak2, Mogoook lagi...mogoook lagi....ini seperti kondisi IHSG saat ini bukannya mogok lagi tapi Turuuun lagi...turuuun lagi he..hee..kemarin turun lagi 0,2% (4423). Kalau gak salah sudah hari keempat IHSG terus turun, dan asing lebih banyak net sell, begitu cepat IHSG turun tapi begitu terasa lambat ketika naik.
Berapakah  IHSG akhir tahun nanti ? semula saya menebak 4750 sd 4800 untuk akhir th.2013 nanti, sementara saya masih belum mendown grade, saya lihat sampai pekan ketiga Nopember ini untuk tetap optimis atau pesimis. Tentu semua sangat tergantung kembali dari perkembangan makro ekonomi baik dunia maupun Indonesia. Setelah kemarin terjadi DEFISIT neraca perdagangan maka selanjutnya kita tunggu pengumuman tentang Cadangan Devisa kita, kalau saja cadangan devisa kita turun lagi itu pertanda gawat buat IHSG, tapi sebaliknya jika cadangan devisa bisa naik lagi maka akan sangat bagus buat IHSG kedepan.

Sampai akhir pekan nanti perkiraan saya IHSG antara 4385 batas bawah dan 4500 batas atas.
Pilihan saham untuk trading memang jadi relatip sulit kalau pasar seperti ini, tapi namanya usaha kita lakukan yang terbaik dan menyesuaikan kondisi yaitu tidak terlalu agresif. Trading dengan volume yang terukur saja
dan selalu sedia Cash untuk berjaga-jaga ketika harga masih turun kita masih ada peluru untuk masuk.
Biasanya hari KELIMA (setelah IHSG turun beruntun) IHSG akan ada reboun walaupun kecil, tapi kali ini saya ragu2 karena Bursa global rata2 juga pada turun termasuk DOW dan EIDO ( minus 1,7%), demikian pula minyak, emas, CPO kemarin turun banyak.
Kita lihat setidaknya sampai sesi satu apakah ada tanda pembalikkan atau tidak, tapi kalau toh hari ini masih minus maka bisa dicoba beli nanti sore buat antisipasi jualnya besuk (Kamis). 
Saham BC masih rekomendasikan UNVR diharga 28.750, SMGR 13.700) sedangkan saham lain  ACES, INKP, ISSP, TAXI dan ASRI saham2 tsb hanya berharap pantulan angka pendek karena susah memprediksi jangka panjang untuk sementara ini. Saya khawatir kondisi tidak sesuai harapan, karena semua serba ada kemungkinan dalam pasar modal ini.
Tetap hati2, tetap disiplin dan kontrol emosi.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.