26 Sept 2013

Ibarat bola yg jatuh dilantai akan mantul keatas kembali, demikian pula IHSG pada saatnya akan mantul keatas lagi. Sudah 4 hari sejak Jum'at lalu berturut-turut IHSG terus turun, kapan mantulnya? Kamis ini hari ke 5, memang tidak ada teori secara ilmiah bahwa hari ke 5 pasti mantul, tetapi mungkin kalau diteliti sangat jarang (bukan tidak pernah lho) dalam 5 hari berturut-turut IHSG terus turun. Artinya kemungkinan hari ke 5 IHSG akan mantul bisa jadi sih....
Berharap hari ini ada pantulan, saya kemarin coba colek SMGR (14.150), LPKR (1140), ASRI (620), saya coba pasang jual hari ini 3  poin diatas kecuali SMGR  6 poin diatas. Saya tidak berharap banyak memang karena data fundamental  ekonomi masih belum menunjukkan perbaikan yg berarti, nilai rupiah malah kembali melemah 11.569 (kurs BI) dan asing masih net sell.
Cuma berharap dari pengalaman saja bahwa pantulan itu akan ada pada saatnya sekalipun tidak terlalu tinggi.
Kemarin SMGR sempat di 13.800 dan mantul keatas lagi,  andaikata 
masuk diharga tsb tentu wow cuan ODT kan.
Sebaiknya kita terus mengamati pergerakkan nilai rupiah terhadap dolar dan juga harga komoditas dunia, kenapa? Jika emiten itu lebih banyak eksport dengan menghasilkan dolar maka penguatan dolar (atau pelemahan rupiah) akan menguntungkan emiten tersebut sehingga berpotensi sahamnya naik. Sebaliknya kalau emiten itu banyak membutuhkan bahan baku import yang harus dibayar dengan dolar maka setiap pelemahan rupiah (atau penguatan dolar) akan membuat beban perusahaan tambah besar sehingga yang terjadi kemungkinan harga sahamnya bisa turun.
Kita bisa memilih mana saham2 dari  perusahaan kategori tersebut dan menyesuaikan pergerakkan nilai rupiah. Selain itu hubungan produk perusahaan dengan harga produk tersebut di pasar, jika harga produk dipasar naik bisa berimbas keharga sahamnya di bursa dan sebaliknya.
Demikian kira2 antara lain  pertimbangan memilih saham secara sederhana tentu disamping pertimbangan yang lain.

Untuk nasabah2 BNI SECURITIES Semarang, silahkan berkunjung ke blog kami (investalpppm.blogspot.com ) untuk berinteraksi juga dengan teman2 investor / trader yang lain. Semakin banyak sahabat semakin baik untuk saling tukar pengalaman dan pengetahuan.

salam, hari prabowo / investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.