10 Jul 2013

Akhir2 ini saya merasakan bursa kita sedang ditekan oleh sang bandar, indikasinya asing sepertinya tidak ada habisnya untuk melakukan penjualan setiap hari sehingga terjadi net sell berhari2. Ini juga merupakan bagian strategi asing untuk menurunkan ihsg, karena kita tau bahwa ihsg merupakan tolok ukur kinerja bursa dan bahkan bisa dinilai salah satu indikasi kondisi ekonomi suatu negara.
Dengan asing melakukan tekanan terus menerus psikologi traders lokal dibuat grogi sehingga walaupun terlambat banyak juga yang ikut2an menjual portofolionya sehingga harga saham tambah anjlok demikian pula ihsg.
Seringkali setiap akhir bursa khususnya pada "Pra Closing" dimana kita tidak bisa memonitor transaksi (black market) asing ternyata melakukan penjualan besar2an khususnya terhadap saham2 BC yang berkapitalisasi besar sehingga ihsg bisa nampak minus.
Agar membuat investor tambah panik dibuatlah berita negatif seperti kemarin dilakukan MS itu.
Untuk apa asing melakukan itu? Hanya akan keluar dari bursa kita dan membawa pulang dananya kemasing2 negaranya? Bisa juga seperti itu, tapi bisa juga itu hanya merupakan suatu Strategi asing agar mereka bisa masuk lagi dengan harga saham yang lebih murah, ingat mereka sudah sebulan melakukan penjualan saham dengan harga2 dipucuk.
Namanya saja trading dan cari untung, jadi strategi seperti yang dilakukan asing tentu sah2 saja. Mereka melakukan itu karena mereka punya portofolio dan dana yang besar bahkan separo lebih dari kapitalisasi pasar bursa kita, jadi dengan mudah melakukannya.
Saya yakin bahwa asing akan masuk lagi ke bursa pada saatnya nanti ketika investor lokal sudah panik selling, banyak melakukan Cut Loss serta harga2 saham sudah rendah. Saat ini ihsg sudah turun 15% dari angka tertingginya  di bulan Mei hanya kurang dari dua bulan.
Tapi banyak juga saham yang secara individu harganya sudah turun lebih dari 15 % sd 30%, kira2 harga saham sekarang sudah setara dengan awal tahun 2013.
Lantas bagaimana kira2 hari ini?? secara pribadi saya akan belanja untuk beberapa saham yang menurut saya sudah murah dan kinerjanya bagus pilihan2nya antara lain; seperti ACES, JPFA, KLBF, ANTM, WIKA, PTPP (avrg down).dan PGAS.  Saya melihat kemarin tekanan terhadap saham2 tersebut sudah mulai ada perlawanan, artinya saya melihat potensi mantul lebih besar dari pada kemungkinan turun kembali.
Bursa global kembali rally, harga minyak juga $ 104, jagung malah  4% moga2 ini menjadi dukungan terhadap ihsg yg kemarin nyaris di 4400.
Kita lihat juga apakah asing masih mau jualan atau sudah mulai "kulakan" lagi, bila asing nampak mulai net buy itu lebih baik.
Makanya kita traders lokal mesti banyak belajar agar tidak selamanya didikte asing terus, masak dipasar sendiri kita dikerjain sih?
Semoga hari ini menjadi hari yang baik buat kita semua..

Selamat berpuasa bagi yang mulai puasa hari ini...
salam, hari prabowo (investa).

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.