7 Jul 2013

Mungkin ada beberapa teman yg belum begitu paham tentang istilah REPO atau Repurchase Agreement, yang saya tahu mungkin kira2 artinya "Menjual dengan janji untuk membeli kembali". Atau lebih mudah dipahami adalah meminjam uang dengan jaminan efek (bisa juga saham).

Ada cerita pasar atau rumor pasaran yang entah benar atau tidak, saat ini ada beberapa transaksi Repo atas saham2 tertentu yang kebetulan juga sedang jatuh tempo. Sehingga untuk memenuhi kewajiban mengembalikan dananya maka yang dilakukan adalah menjual saham yang ada dengan harga berapapun.
Memang dalam minggu ini ada saham2 tertentu yang dijual oleh Broker2 tertentu pula nampaknya dengan emosional seakan berapapun tawaran beli langsung diguyur. Saya juga sempat mengamati dan terheran2 kenapa Broker melakukan penjualan dengan harga yang menurut saya terlalu murah.
Kalau memang benar cerita tersebut maka saya punya analisa sendiri, yaitu suatu saat kalau sang Broker sudah habis saham tersebut untuk memenuhi kewajibannya maka saham tersebut akan berbalik naik kembali.
Salah satu yang disebut adalah saham PTPP, hari Jum'at kemarin PTPP sempat tertekan sampai harga 1030 walaupun akhirnya ditutup 1120.
Kalau saja ada yg membeli 1030 dan sore dijual kembali 1120 maka sudah cuan 8,7% kan..Jadi sebenarnya dalam kondisi apapun kalau traders jeli bisa mengambil kesempatan, tapi memang tidak semudah perkataan he..hee..
Sekali lagi naik turunnya harga saham di bursa itu dipengaruhi beberapa faktor, bukan hanya FA dan TA saja kan?? kalau kita lagi butuh uang berapapun harga saham bisa saja kita jual sekalipun FA dan TA saham tersebut masih mendukung.
Nah kesempatan seperti inilah yang bisa mendapatkan cuan besar dalam waktu pendek jika kita bisa membeli saham2 yang dijual pemiliknya karena memang mereka lagi butuh dana atau mau pindah kesektor lain.
Bagaimana arah Bursa hari Senin?? Bursa Eropa rata2 mengalami kejatuhan lebih dari 1% karena kekhawatiran situasi politik di Portugal. Namun DOW, NASDAQ dan SP justru mengalami penguatan lumayan. Minyak juga dilevel tertinggi $ 103. Dengan mempertimbangakan faktor internal serta kekuatan pasar Jum'at kemarin maka saya pribadi memprediksi IHSG akan cenderung menguat walaupun tidak signifikan.
Selain saham PTPP karena alasan diatas saya juga cermati WIKA, JPFA, MLPL yang akan mengantar anak perusahaannya go publik.
Beberapa saham berbasis mining juga dalam pantauan bisa saja saham2 tersebut mulai "jalan2" karena harga minyak yang mengalami kenaikan signifikan. Kadang kita terlambat mengantisipasi situasi sehingga bisa tertinggal, baru reaksi ketika asing sudah mendahului biasanya.
Selamat mencermati, menganalisa dan memutuskan sesuai kemantapan masing2.
Senin terpaksa seharian gak bisa menemani di blog karena ada urusan di Jakarta, tapi biasanya ada Keneisha yang jaga warung he..hee..
salam, hari prabowo (investa)
Pin BBM 25C45392

1 comment:

  1. Salam kenal pak, saya igin tau jangka pendek maupun jangka 6 bln tentang saham PTPP dan WSKT.Apakah masih bisa di collect?

    ReplyDelete

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.