5 Jun 2013

Selamat pagi...,,
Kemarin kondisi Bursa membentuk pola U dengan di buka naik - turun - dan ditutup naik kembali bahkan lebih tinggi dari saat  pembukaan karena plus 1% sehingga kembali melewati angka psikologis 5000 (close 5021).
Sungguh menyakitkan bagi trader yang BELI di pagi hari tetapi karena saham dibawa turun siang hari si Trader tidak kuat mental akhirnya melakukan CUT LOSS, dan....setelah itu harga naik KEMBALI, betapa kecewanya bikin perut mules plus sakit gigi rasanya...wow.
Lihat saja sebagian misalnya saham MLIA, AALI, CTRP TLKM, DGIK .
Sebagian Trader mungkin malah happy karena JUAL diawal sessi dan melakukan BUY BACK saat harga dibawa turun disiang hari dan bisa JUALAN di sore hari ketika harga naik kembali, bisa jadi kemarin langsung ke Mall Senayan City atau Grand Indonesia belanja (biasanya Nyonya2 nih..).
Kondisi seperti kemarin itu memang bisa menyakitkan sekaligus mengasyikkan, terserah mau mengatakan faktor mental atau keberuntungan bagi masing2 Trader.
Beberapa saham malah AR kanan seperti si MIRA dan CMNP juga si mila eh MLIA, koq bisa ya dapat untung gede saat pasar sedang sulit.?? inilah pasar saham dan ini bisa dipelajari bukan gambling bro..
Kemarin ada yang bertanya kepada saya ketika saya beli saham pinggiran si MIRA di 70 dan 71 karena sudh naik 10% dari prev, saya bilang ini bisa gorengan tapi bisa jadi ada sesuatu sehingga memutuskan saya beli.
Tapi seperti yg saya ajarkan saat Pelatihan bagaimana kita ikut "bermain" di saham gorengan yaitu belinya jangan banyak2 (kemarin sy masuk 300 lot) menyesuaikan volume sahamnya yg ada dimonitor. Perhatikan posisi bid offernya, cermati book ordernya (jumlah pasangan beli / jual dan apak sering di cabut dan ditambah volumenya) dan siapa broker nya yang sudah melakukan jual beli. Itu kira2 yang saya perhatikan. Kalau secara TA si MIRA agak sulit karena baru hari pertama naik.
Saya jual MIRA di harga 77 dan sebagian pas AR 86 lumayan ODT bisa dapat copetan.
Saya tidak menganjurkan untuk bermain di saham gorengan tapi sebagai trader harus tau ilmunya (baik ilmu menghindar atau bahkan ikut permainan).
Hari ini gantian DOW turun dan EROPA naik impas dengan kemarin kali....harga komoditas tidak banyak berubah sehingga prediksi saya hari ini IHSG akan mixed naik turun gak banyak sepertinya antara 4975 sd 5050.
Saya akan perhatikan INDY, ACES, ADRO, CTRP dan MIRA (siapa tau berlanjut), dan kalau ada saham2 yang tiba2 menarik dan ada rumor yang kira2 bisa diterima akal.
Kemarin saya juga pakai ilmu sederhana dengan membeli saham yang turun lebih 5% (barang bagus) ketika IHSG turun 0,5% karena tidak sebanding saja kayak CTRP waktu saya beli di 1310 itu turun 7% lho..kan terlalu sekali dan akgirnya saya jualan di 1390 sore hari.
Memang dalam posisi saat ini main cepat lebih baik rasanya 70% cash dan 30% saham.
Baik semoga hari ini lebih baik hasil kita dibandingkan kemarin,
salam,
investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.