2 Jun 2013

Sahabat-sahabat yg baik..
Kita semua tahu bahwa semalam Bursa Global masih memerah, minyak malah turun di level 91 demikian juga energi. Nampaknya kondisi IHSG Senin ini akan kembali mengalami tekanan yang cukup berat, pertahanan 5000 akan di uji sebagai suport psikologis.
Saya tau sebagian trader mungkin galau, was-was dengan kondisi pasar dan portofolionya menyikapi kondisi bursa global yang mulai melemah ini.
Ingat buat trader modal dalam investasi di saham bukan hanya uang, kemampuan analisis dan Money Management. tapi ada yang sangat penting yaitu PSIKOLOGIS atau Kejiwaan atau lebih sederhana disebut MENTAL..
Modal uang banyak tapi kalau mental trader renta bisa juga gagal, sebaliknya banyak trader berhasil karena mempunyai mental yang kuat sehingga bisa menguasai emosional, tidak tamak, sabar dan bisa disiplin.
Jadi jangan remehkan soal mental ini, karena pasar kadang sangat kejam, kadang bermurah hati sehingga saking murahnya kadang anda diberi cuan 10% bahkan lebih pernah kan...??
Pasar tidak pernah salah, mental kita yang mungkin bisa salah he..hee.
Untuk itu benahi mental kita untuk menghadapi pasar yang didak bisa dipastikan ini.
Termasuk siapkan mental menghadapi kondisi IHSG yang akan datang jangan kalah sebelum perang, IHSG silahkan bergerak kemana tapi dengan mental yang baik kita bisa menyikapinya untuk mengambil kesempatan terbaik. Resiko memang tidak bisa dihilangkan tapi bisa diminimalkan kalau mental kita baik, langkah kita juga lebih baik dalam mengambil keputusan.
Dalam "kemerahan" slalu ada "kehijauan", sekalipun IHSG turun slalu ada saham yang naik.
Sektor yang tetap saya rekomen adalah Konstruksi/kontraktor dan properti kalau besuk terpengaruh pasar global dan harganya turun cermati, jika turun berlebihan misalnya IHSG turun 1% saham tsb turun 5% tampung..!! bila ada pantulan bisa ODT kan ?
Saham yg berfondamental bagus seperti yg saya berkali-kali rekomen seperti GEMA waktu itu sekali naik langsung AR walau ditunggu sekian lama jalan ditempat saja. Trader akan terasa kalau Emiten bagi deviden bagi emiten yg kinerjanya bagus nah baru sadar kan kalau GEMA dengan harga kisaran 500 mau bagi deviden Rp31,- per lembar.
Masih ada beberapa saham yg bagus dari sisi FA tapi harga gak naik seperti SDPC, MITI, WAPO itu hanya menunggu saat. Perhatikan juga BIPI karena dengan rencana  Aksi Korporasi mau buat anak perusahaan yang bergerak dibeberapa sektor dan direncanakan listing di SGX sangat memungkinkan mendorong saham ini ke Rp.200,- Kemarin secara Chart juga ada tanda2 bangkit.
Juga beberapa emiten yang akan membagi deviden cukup besar sangat berpotensi mendorong harga sahamnya.
Jadi masih ada peluang untuk kedepan dibeberapa saham, tuda dulu untuk masuk sektor batubara, energi dan minyak. Manfaatkan dana anda untuk diputar sektor lain yang lebih menjanjikan.
Buat yang belum berkunjung ke Blog silahkan mampir..siapa tau ada suguhan kue menarik menemani TEH ANGET (investalpppm.blogspot.com)
Buat yang mau ikut Pelatihan Investor kami sediakan waktu sabtu dan minggu mulai tgl.8 Juni 2013 tapi di Semarang tempatnya ha..haa..
Semoga tetap tenang apapun kondisi pasar agar kita mendapatkan yang terbaik.
Tuhan bersama orang2 yang mau berusaha dan berdoa.
salam,
investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.