13 Nov 2013

Kembali bursa kita terpuruk 1,3% (4380) ihsg sudah medekati level awal th.2013, prediksi ihsg akhir tahun nanti menjadi samar2, saya sendiri pernah memprediksi 4750 sd 4800. untuk akhir 2013.
Bank Indonesia kembali menaikkan BI Rate 0,25% menjadi 7,5% saat ini, pengumuman itu disambut kejatuhan saham bank disusul propeti yang sebelumnya memang sudah dalam tekanan. Bank memang lebih sulit penyaluran kreditnya dengan bunga yang relatif mahal.

Saya langsung amati pergerakkan nilai Rupiah terhadap US Dollar ternyata kurs tengah BI ada 11.578 melemah dari sebelumnya, sayang sekali kalau kenaikan BI Rate ini tidak bisa memperkuat rupiah dan menjadikan bursa kembali tertekan.
Investor asing kembali net sell, dan sekarang sudah jarang pengamat yang menghitung asing sudah net sell berapa triliun, karena sebenarnya asing itu kan mempunyai sekitar 55% kapitalisasi pasar di BEI sedangkan kapitalisasi pasarnya sekitar Rp.4300 triliun.
Kebijakan apa lagi yang akan dikeluarkan Pemerintah dan BI ?? program Buy Back oleh emiten juga belum menampakkan hasilnya , menurut saya program itu hanya untuk bertahan tapi tidak bisa serta merta menaikkan harga sahamnya karena ada batasan tertingginya untuk buy back.
Bagaimana ramalan hari ini?? kalau 1 jam pertama  ihsg mampu bertahan di 4350 kemungkinan bisa mantul walaupun tidak signifikan, lihat juga saham bank apakah mampu bertahan diharga kemarin atau tidak. Jika saham bank mampu bertahan kemungkinan kondisi akan lebih baik karena akan sangat berpengaruh terhadap saham yang lain.
Saham yang sudah turun tajam kemarin bisa dibuat program ODT atau buat hold jangka pendek pekan depan jemurnya.
Program BOW untuk SMGR, ADHI, SMRA, ADRO, MAIN, TAXI, JPFA. kalau berniat trading ODT jangan tinggalkan monitor karena pergerakkan sangat fluktuatif.
Lupakan saham gorengan dulu dalam kondisi BC dan LQ45 tertekan, karena akan lebih baik trading disaham tersebut karena bergantung kekuatan pasar bukan kekuatan Bandar. Saham gorengan bisa main2 kalau saham BC sudah kondisi jenuh beli.
Situasi memang relatif susah, tapi kalau jeli memilih moga2 dapat cuan juga.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.