30 Oct 2013

IHSG kemarin turun 0,6%, ini cukup membuat tanda tanya, kenapa bisa lumayan turunnya?? tidak ada berita negatif yang terlalu penting juga.
Justru yang membuat agak mengkhawatirkan saham2 Bank rontok lumayan semua ( BBRI - 3,5%, BMRI -,0,5%, BBNI -1,04%, BBCA 1,4%, BDMN -0,6%). Asing juga net sell 254M.
Beberapa hari lalu bank-bank baru merilis laporan keuangannya yang hasilnya cukup menggembirakan karena berhasil mencetak laba yg baik walaupun kondisi ekonomi sedang tidak bagus.
Saham properti dan konstruksi juga kemarin mengalami koreksi kembali beberapa point sejalan dengan penurunan saham bank.

Semalam DOW, NASDAQ dan S&P naik kembali setelah beberapa hari mixed, Bursa Eropa juga naik tetapi EIDO turun 1,4%. Bagaimana kira-kira hari ini arah IHSG ? akankah searah bursa global dan regional atau justru anomali? Marilah kita lihat pagi ini apakah saham2 Bank masih tertekan asing atau mampu reboun, jika masih tertekan dan turun maka kemungkinan besar IHSG juga masih akan turun, tetapi jika saham bank mampu balik arah naik itu akan diikuti IHSG.
Kemarin saham ERAA turun tajam, saham ini volatile sekali jika naik bisa langsung loncat tetapi jika turun juga bisa langsung anjlok. Batasi loss di  CL jika turun 1350, tetapi ada harapan juga untuk mantul keatas lagi.
INKP, MLPL dan LPKR masih tangguh dan jika masih bertahan hari ini tidak menutup kemungkinan kedepan akan lanjutkan kenaikannya. Lap Keuangan INKP semester satu cukup menawan kalau september juga bagus itu sangat mendukung kenaikan harga sahamnya.  

Jika membaca Lap Keuangan ada Laba yang spektakuler mohon dilihat asal Labanya, jika itu berasal dari "Laba Selisih Kurs" harap hati2 karena itu tidak mencerminkan kinerja yang sebenarnya. Kemarin contoh ADHI labanya 180M yang berasal dari LABA SELISIH KURS sebesar 43M dan laba penjualan aset 10M. Tentu yang bagus kalau laba berasal dari usahanya.
Kita menunggu gaung berita2 sekitar inflasi, BI rate dan cadangan devisa yg segera diumumkan Jum'at, biasanya mendekati pengumuman resmi sudah ada prediksi2 dari beberapa analis maupun pejabat terkait.

Oya untuk teman2 yang pesan Ulasan Khusus saya tentang "Transaksi Investor Asing" dll (ada 3 topik) sabar ya...maaf waktu saya agak padat menjelang Ujian Profesi Pasar Modal banyak yang pekatihan termasuk melayani private satu dua orang dari kantor ke kantor dan rumah ke rumah. Biasa pengamen he..hee.. Tapi pasti saya kirimkan setelah jadi buat bacaan. Mungkin penting juga karena transaksi asing salah satu yang membuat IHSG naik atau turun, ingat asing menguasai 55% kapitalisasi pasar kita. Kalau saja kita memahami siapa asing sebenarnya, bagaimana pola transaksinya dan bagaimana mereka "menjebak" ritel he..hee itu yang akan saya ulas.
Apapun kondisi hari ini semoga kita mendapat yang terbaik, amin.
sama , investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.